desain Denmark saat ini berada dalam tahap transisi. Penekanan akademik semakin dalam program pendidikan, persaingan global, dan perkembangan teknologi yang menyebabkan perkembangan pesat dalam disiplin desain. Penelitian membuka peluang baru dan membantu mengidentifikasi arah mungkin bagi industri.
Jensen Krarup Anna
Salah satu tantangan utama yang dihadapi industri desain terletak pada mengklarifikasi dan mengkomunikasikan nilai dan potensi desain. Desain Denmark Salah satu tantangan utama untuk perdagangan desain adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa desain berguna dan strategis. "Desain melampaui estetika belaka dan styling."
Anna Kirah, yang memimpin bagian layanan desain CPH Desain, setuju dan menambahkan kontribusi sendiri untuk suatu definisi desain, yaitu Pekerjaan Desain pola pikir. Dan salah satu tantangan utama kami adalah untuk melihat pola pikir ini diterapkan dalam manajemen, tidak hanya di departemen desain. Sebagai desainer kita tidak mengikuti resep tapi model kontekstual. Dalam setiap situasi kita harus menentukan 'alat' apa yang akan digunakan.
Klarifikasi Akan Memberikan Nilai Tambah
Menurut Gitte saja, penelitian desain dan penekanan tumbuh pada pendekatan akademik dalam program pendidikan dapat membantu desainer menimbulkan tantangan ini. Penelitian menawarkan serangkaian konsep bersama dan dapat membantu mengkomunikasikan konsep-konsep ini untuk mendesain pengguna, eksekutif dan lain-lain. Dengan definisi yang jelas mengenai proses desain dan metode, yang akan lebih jelas ke penerima.. Dan ini adalah area di mana penelitian memiliki peran penting untuk bermain.
Satu set konsep umum akan membantu menyampaikan kepada klien potensial apa desain desain, dan apa kemungkinan proses desain dapat mengaktifkan. Desain penelitian memainkan peran penting dalam klarifikasi konsep, kata Gitte Hanya, direktur Asosiasi Design Denmark.
Ilustrasi: Lars Andersen
Kurangnya kejelasan konseptual menyulitkan banyak desainer untuk memasarkan layanan mereka, kata Gitte Hanya. "Ini bisa sangat sulit bagi desainer untuk menjual, misalnya, pemetaan desain dan pengembangan ide, karena pelanggan tidak tahu apa hasilnya akan menjadi. Siapa yang akan membayar untuk sesuatu yang mereka tidak tahu apa? Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjelaskan dan menggambarkan apa desain sebenarnya.
Sebagai contoh, ia membandingkan desain dengan jasa hukum, yang orang dengan senang hati membeli meskipun mereka tidak tahu hasilnya terlebih dahulu, karena bagaimanapun, jelas kepada klien seperti apa pelayanan yang diberikan oleh seorang pengacara di hukum.
Anna Kirah juga memiliki ide untuk apa yang diperlukan untuk menjual desain. Dia mendukung kuat dengan desain yang berpusat pada rakyat. "Desainer harus bersedia untuk bersama-menciptakan, maksudnya menciptakan bersama-sama dengan orang-orang yang akan menggunakan desain demikian,. Tak baik jika desainer percaya bahwa mereka tahu yang terbaik. Mereka harus menjadi rendah hati dan mendengarkan. Pendekatan itu akan membantu mereka menciptakan layanan, produk atau konsep yang masuk akal bagi orang-orang yang akan menggunakan mereka, dan rasa membuat berarti menciptakan nilai., "katanya.
Tantangan Global
Tantangan lain yang penting untuk industri desain terletak pada internasionalisasi tumbuh. Hal ini diperlukan bagi badan untuk dapat menangani klien internasional dan untuk sekolah-sekolah desain dan arsitektur untuk dapat menarik internasional siswa, guru dan peneliti.
Banyak perusahaan desain Denmark kecil, mungkin dioperasikan oleh satu orang tunggal itu membuat sulit bagi mereka untuk mengambil tugas besar untuk klien internasional," kata Gitte saja, yang juga menunjuk ke sebuah solusi untuk masalah ini: "Oleh karena itu, desain perusahaan harus jauh lebih baik di terlibat dalam kemitraan kolaboratif yang luas termasuk setup interdisipliner "
Untuk Anna Kirah, pikiran yang ingin tahu dan pendekatan profesional yang rendah hati adalah kualitas yang sangat penting dalam desainer yang baik. Juga dalam kaitannya dengan kemitraan interdisipliner yang penting untuk mencapai hasil terbaik. "Engineers, antropolog dan ekonom memiliki pandangan yang berbeda dari tugas dari desainer lakukan Dan sangat penting untuk mendengarkan satu sama lain dan untuk bekerjasama Tapi itu membutuhkan proses yang meliputi empati dan kesabaran. Sebagai salah satu harus menghilangkan kebutaannya profesional seseorang,"
Sebuah Pergeseran Paradigma
Anna Kirah juga yakin bahwa krisis global dapat menyebabkan hasil yang positif.
"Secara historis, periode krisis sangat inovatif. Orang harus berpikir dengan cara baru dan kreatif. Challenge adalah aset," katanya.
Dia memprediksi pergeseran paradigma dalam industri desain. "Desainer dan profesional lain akan mulai berpikir dalam istilah yang lebih holistic Dan kami akan harus berhenti berfokus pada akhir-produk sendiri, karena ada begitu banyak faktor lain yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan, seperti identitas perusahaan., struktur perusahaan, dan kontak pasca-pembelian pelanggan kepada perusahaan, misalnya sehubungan dengan check-up atau keluhan, "ujar Anna Kirah.
Ketika ia melihat, berpikir desain seharusnya tidak hanya menyerap proses desain yang mengarah pada produk, juga harus jelas, misalnya dalam perubahan organisasi internal.
"Seringkali, eksekutif di perusahaan besar tidak berkonsultasi dengan staf ketika merencanakan perubahan organisasi - misalnya sebagai akibat dari krisis ekonomi Sebaliknya, banyak yang menghubungi konsultan eksternal, yang duduk dengan manajemen untuk merancang sebuah rencana yang dikenakan pada staf.
~by: Yovita Prima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar