Rabu, 17 November 2010

Max Bill



seorang anggota kelompok Swiss 'Zurich Beton', adalah seorang arsitek, pelukis, pemahat, politisi, pendidik, penulis, singkatnya, 'pencipta universal' a. Dia menganalisa prinsip-prinsip Beton Seni dan mempertajam definisi Theo van Doesberg sebagai berikut: "Kita sebut karya-karya dari beton seni yang muncul menjadi berdasarkan sumber daya yang melekat mereka dan aturan - tanpa pinjaman eksternal dari fenomena alam, tanpa mengubah fenomena, dengan kata lain: tidak dengan abstraksi seni beton independen dalam fitur khas. . itu adalah ekspresi jiwa manusia, ditujukan bagi jiwa manusia, dan harus memiliki ketajaman, kejelasan dan kesempurnaan yang harus diharapkan dari jiwa manusia beton lukisan dan patung menyiratkan. menciptakan sesuatu yang terbuka untuk persepsi visual sumber daya kreatif mereka warna, ruang, cahaya dan gerakan ... seni beton pada akhirnya ekspresi murni mengukur harmonis dan hukum. itu perintah sistem dan menggunakan sumber daya artistik untuk memberikan hidup kepada perintah ini ... itu berusaha untuk universalitas dan keunikan namun berkultivasi.. itu menekan hal-hal yang individualistis yang mendukung individu. " Bill juga membutuhkan seni yang harus mencari modus matematika pemikiran untuk menjamin bahwa prinsip-prinsip kreatif dapat dikontrol. Dalam waktu yang berarti ia melihat ini sebagai hanya salah satu metode mungkin, "alat bantu yang berguna, di mana ide dapat memperoleh bentuk yang terlihat."
Herbert Bayer
Max Bill
verdichtung zu caput mortuum
1972 / 73
100 x 100 cm, (diagonal: 141 cm)
Oil on canvas



Lukisan 'verdichtung zu caput mortuum' (distilasi untuk caput mortuum) adalah salah satu dari serangkaian variasi, dengan kualitas ekspresif yang berbeda yang berasal dari kombinasi warna yang digunakan di masing-masing. Seri ini dimulai pada tahun 1964. Semua gambar ditempatkan pada diagonal - Bill kadang-kadang disebut mereka "menunjuk gambar".Fitur Format yang tidak biasa eksternal saja mengungkapkan ketidakstabilan dan ketegangan, memaksa mata untuk bergerak. daerah Dalam 'verdichtung zu caput mortuum' di tengah berwarna sebuah mortuum coklat kemerahan, atau caput membosankan - istilah diterapkan pada residu setelah penyulingan atau sublimasi dalam alkimia. Di sini memperoleh kualitas khusus dari segitiga sama kaki eksternal dan band warna, dan menjadi permukaan dikompensasi dengan chords warna kuning-merah dan kebiruan-ungu dapat beresonansi ketika mereka berinteraksi dengan-berwarna coklat kemerahan.The "amputasi jelas" bentuk warna memberi mereka kedalaman batin dan stabilitas yang kontras dengan ketidakstabilan bentuk bergambar. Itu, inti mati persegi di keuntungan caput mortuum bumi-warna kehidupan sendiri. 



Herbert BayerMax Bill
Fifteen Variations on a Single Theme, v. 14, 1938


Tidak ada komentar:

Posting Komentar